Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Startup Aplikasi Belajar Kanvas

Authors

  • Clay Aiken Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Charles Charity Scorpiono Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Grace Selianda Reva Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Jonathan Kenny Juen Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • William Richnady Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia

DOI:

https://doi.org/10.61245/techbus.v2i1.21

Keywords:

Analisis SWOT, Startup, Industri Kreatif, Belajar Kanvas, Strategi

Abstract

Perkembangan Industri kreatif membuka peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk melalui internet maupun e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi melalui analisis SWOT dalam mengembangkan fitur Belajar Kanvas. Metodologi yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebanyak 32 mahasiswa ITBSS dan karyawan internal Belajar Kanvas dalam penelitian menjadi sampel untuk mendapatkan pemetaan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Belajar Kanvas berada pada kuadran I yaitu Strength-Opportunities sehingga strategi yang dapat digunakan oleh Belajar Kanvas adalah strategi growth. Strategi yang digunakan adalah pengembangan produk seperti kelas intensif, kemudian perlunya penembahan fitur online meeting, dan penambahan multibahasa dalam aplikasi. Strategi yang dapat digunakan adalah strategi yang dapat memanfaatkan kekuatan internal dengan maksimal untuk mencapai peluang yang tinggi, seperti melakukan pengembangan produk atau fitur baru dan meningkatkan pelayanan pelanggan. Penelitian ini berkontribusi kepada tenaga kerja kreatif di Indonesia melalui perumusan strategi untuk Belajar Kanvas agar dapat memberikan pemahaman komprehensif terkait industri kreatif melalui pembelajaran yang interaktif di aplikasi Belajar Kanvas.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Aiken, C., Scorpiono, C. C., Reva, G. S., Juen, J. K., & Richnady, W. (2024). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Startup Aplikasi Belajar Kanvas. Technology, Business and Entrepreneurship, 2(1), 46–64. https://doi.org/10.61245/techbus.v2i1.21