Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) untuk Edukasi Anatomi Struktur Tulang dan Sendi Kaki Manusia

Authors

  • Nikolas Liyantara Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • William
  • Dustin Tiovino
  • Putu Rangga Deva Mertha

DOI:

https://doi.org/10.61245/techbus.v3i2.75

Keywords:

Anatomi, Realitas Virtual, Tulang Kaki, SDLC, Media Belajar

Abstract

Media pembelajaran anatomi yang bersifat konvensional umumnya kurang mampu membantu siswa memahami struktur spasial secara menyeluruh, terutama pada bagian tubuh yang kompleks seperti tulang dan sendi kaki. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah aplikasi Virtual Reality (VR) yang bersifat interaktif serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa SMA terhadap materi anatomi tersebut. Aplikasi dikembangkan menggunakan model SDLC Waterfall, sementara evaluasinya dilakukan melalui desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian mencakup tes pilihan ganda dan analisis umpan balik untuk menilai peningkatan pengetahuan serta pengalaman pengguna. Sepuluh siswa jurusan IPA berpartisipasi dalam pengujian. Hasil studi menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 31 menjadi 67 setelah penggunaan aplikasi, menandakan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan. Umpan balik peserta mengungkapkan bahwa VR membantu visualisasi tiga dimensi secara lebih jelas dan menarik, meskipun masih ditemui kendala teknis pada aspek antarmuka. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa VR memiliki potensi kuat sebagai media pembelajaran anatomi yang lebih efektif dibandingkan metode tradisional.

Downloads

Published

2025-12-18

How to Cite

Liyantara, N., William, Tiovino, D., & Mertha, P. R. D. (2025). Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) untuk Edukasi Anatomi Struktur Tulang dan Sendi Kaki Manusia. TECHBUS (Technology Business and Entrepreneurship), 3(2), 68–77. https://doi.org/10.61245/techbus.v3i2.75