Pendekatan Metode Sistem Usability Scale Pada Website Teman Kanvas

Authors

  • Fredella Cornelia Chok Institute Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Ferdy Widjaya Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Hazel Dixon Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Meliana Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Nieven Carlin Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia
  • Nikolas Liyantara

DOI:

https://doi.org/10.61245/techbus.v2i1.20

Keywords:

Teman Kanvas, Analisis SUS, Analisis SWOT, UMKM

Abstract

Teman Kanvas merupakan platform jasa desain yang menghubungkan para desainer grafis dengan pelanggan yang membutuhkan jasa desain. Dengan platform ini pelanggan dapat desain logo, kemasan produk, poster, dan lainnya sesuai kebutuhan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasaan dari pengguna platform Teman Kanvas dan juga hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan platform Teman Kanvas. Untuk mengetahui hal-hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi literatur, dan kuesioner. Kuesioner dianalisis dengan metode System Usability Scale (SUS) dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teman Kanvas berada pada kategori excellent dengan grade B. Namun masih ada hal yang perlu ditingkatkan terkait instruksi dan user experience. Analisis SWOT menempatkan Teman Kanvas pada kuadran 1 dengan strategi agresif yang direkomendasikan. Pengembangan website Teman Kanvas meliputi peningkatan instruksi, user experience, dan beberapa strategi. Platform Teman Kanvas dapat digunakan oleh UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan Teman Kanvas maka UMKM dapat membuat desain sesuai kebutuhan dan dengan desain tersebut UMKM dapat meningkatkan value dari bisnisnya tersebut.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Chok, F. C., Widjaya, F., Dixon, H., Meliana, Carlin, N., & Liyantara, N. (2024). Pendekatan Metode Sistem Usability Scale Pada Website Teman Kanvas. Technology, Business and Entrepreneurship, 2(1), 26–45. https://doi.org/10.61245/techbus.v2i1.20