Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbantuan Quizizz pada Materi Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan Internasional
DOI:
https://doi.org/10.61245/techbus.v1i2.13Keywords:
Media pembelajaran, Canva, Quizizz, 4D, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran canva berbantuan quizizz pada materi kerja sama Ekonomi dan perdagangan internasional, (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran canva berbantuan quizizz pada materi kerja sama Ekonomi dan perdagangan internasional, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran canva berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerja sama Ekonomi dan perdagangan internasional. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kevalidan media pembelajaran canva berbantuan quizizz berdasarkan penilian dari ahli media, ahli materi, uji coba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata aspek sebesar 4,5 dengan kategori sangat valid; 2) Kepraktisan media pembelajaran canva berbantuan quizizz berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, uji coba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan operasional memperoleh skor persentase keseluruhan sebesar 89,98% dengan kategori sangat praktis; 3) Keefektifan media pembelajaran canva berbantuan quizizz dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test yang memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji Independent T-Test yang memperoleh nilai signifikansi 0,015 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran canva berbantuan quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi kerja sama Ekonomi dan perdagangan internasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TECHBUS (Technology, Business and Entrepreneurship)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.