Analisis Potensi Pasar, Strategi Pemasaran, dan Pengembangan Tempe Keluwak

Authors

  • Andi_Ermita_Sari Andi Universitas Muhammadiya Bone
  • Marlia Rianti
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar
  • Andi Muhammad Iqbal Akbar Asfar
  • Andi Nurannisa
  • Karmila
  • Nita

DOI:

https://doi.org/10.61245/techbus.v1i2.10

Keywords:

Tempe Keluwak, Keunggulan Produk, Inovasi Pangan

Abstract

Keluwak merupakan komuditi yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia, karena dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Lokasi yang potensial untuk pengelolaan komuditi keluwak di Kabupaten Bone di kecamatan Bontocani. Selama ini keluwak tampaknya kurang mendapat perhatian oleh masyarakat sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pasar, harga, strategi pemasaran, dan keunggulan produk dalam pengembangan bisnis tempe keluwak. Studi kasus dilakukan terhadap produk yang merupakan inovasi hidnokarpat (tempe) keluwak dengan kandungan protein tinggi. Metode penelitian meliputi analisis data harga tempe di Indonesia, survei potensi pasar, serta analisis strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tempe meningkat dalam tiga bulan terakhir, memberikan peluang bagi produk alternatif seperti tempe keluwak. Potensi pasar tempe keluwak terlihat dari fluktuasi permintaan tempe di Indonesia serta minat masyarakat terhadap makanan organik dan lokal. Strategi pemasaran yang melibatkan media sosial, marketplace, dan pemasaran offline menjadi kunci dalam memperkenalkan produk ini kepada konsumen. Keunggulan produk terletak pada kandungan nutrisi tinggi, rasa khas keluwak, serta potensi manfaat kesehatan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan pandangan yang komprehensif terkait pengembangan bisnis tempe keluwak sebagai alternatif inovatif dalam industri pangan.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Andi, A., Rianti, M., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Nurannisa, A., Karmila, & Nita. (2023). Analisis Potensi Pasar, Strategi Pemasaran, dan Pengembangan Tempe Keluwak . Technology, Business and Entrepreneurship, 1(2), 85–88. https://doi.org/10.61245/techbus.v1i2.10

Most read articles by the same author(s)